Dukungan Terhadap Remaja Perempuan di Hari Perempuan Internasional

Tanda perempuan sudah dewasa ditunjukan dengan menstruasi pertamanya pada saat remaja. Sayangnya, tidak semua perempuan dapat melewati menstruasi pertamanya dengan tenang, bahkan hingga menstruasi-menstruasi berikutnya. Perlu adanya arahan dari orang tua dan sekolah mengenai pengetahuan seksual dan organ reproduksi yang benar. 

Softex memberikan kampanye sosial dalam mendukung UNICEF Indonesia dan meluncurkan film pendek Ana & The Red Wings sebagai upaya mematahkan stigma seputar pengalaman menstruasi. Pameran berlangsung pada 10-12 Maret 2023 di Sarinah, Jakarta. Di sana, kamu bisa temukan beragam fakta menstruasi. 

Softex juga ingin mewujudkan kesadaran publik terhadap pentingnya akses kesehatan serta kebersihan menstruasi di Indonesia Timur. Hal ini berangkat dari data Profil Sanitasi Sekolah 2022 oleh Kementrian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi bersama UNICEF, yang menunjukan bahwa 52% sekolah di Indonesia memiliki fasilitas toilet perempuan dan akses kebersihan menstruasi yang kurang layak. 

“Kami sangat senang dapat bekerjasama kembali dengan UNICEF Indonesia. Sebelumnya, program ini telah membawa dampak positif bagi remaja putri di daerah Papua, Papua Barat, Sulawesi Selatan dan Nusa Tenggara Timur. Kami berharap kemitraan ini dapat membangun kesadaran masyarakat tentang masalah seputar Manajemen Kesehatan Menstruasi (MKM) serta meningkatkan kesejahteraan remaja di wilayah Indonesia Timur. Inisiatif ini juga merupakan dukungan nyata kami terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) PBB 2030,” ungkap Kadir Gunduz, Presiden Direktur, PT Softex Indonesia.

Pembicaraan menstruasi yang kerap dianggap tabu, membuat para perempuan semakin tertutup akan informasi. Dalam konfrensi pers yang berlangsung pada 10 Maret 2023 di Sarinah, tim UNICEF juga membagikan kisah yang mereka temukan di Indonesia Timur seperti tidak adanya pintu toilet, susahnya air bersih, hingga anak-anak perempuan yang tidak masuk sekolah setiap kali mentruasi dan berakibat putus sekolah. Fakta yang miris. 

Selain menambah pengetahuan menstruasi, di pameran ini kamu juga bisa berfoto di sayap berwarna merah dengan ukuran besar, seperti yang ada di Ana & The Red Wings. Dua seniman lokal Ika Vantiani dan Rachel Ajeng menginterpretasikan simbol Red Wings sebagai lambang menstruasi pertama pada remaja.