Art Jakarta 2022 Hadir di JCC Senayan

Bare Expose

Seiring berjalannya waktu, kita akhirnya kembali sedikit-demi-sedikit menuju normal. Walau mungkin, gak akan bisa balik normal 100% seperti dulu dalam waktu dekat, tapi setidaknya kini kita mulai bisa berkumpul kembali tanpa pikir terlalu panjang, kaya awal waktu pandemi.

Dua tahun lalu, awal Covid-19 masuk ke Indonesia, saya keluar rumah aja gak berani. Lock down serumah, demi menjaga kesehatan satu sama lain. Dulu rasanya ke super market aja seneng banget karena itu satu-satunya kesempatan untuk saya keluar rumah. Sekarang, kita udah bisa mulai rapat secara langsung, kumpul sama keluarga, jalan-jalan keluar kota, sampai menghadiri acara seni. Meskipun tetap diikuti dengan serangkaian protokol kesehatan yang harus ditaati. 

Salah satu acara pameran seni yang bisa kamu hadiri adalah Art Jakarta, diselenggarakan pada 26-28 Agustus 2022, di hall A dan B, JCC, Senayan. Di sini kamu bisa temu kangen sama beragam karya seni lokal dan internasional, yang dibawakan oleh 62 galleri.

“Pandemi selama dua tahun terakhir telah menimbulkan dampak besar terhadap ekosistem seni global. Situasi yang sulit itu telah mendorong banyak pelaku ekosistem seni untuk bereksperimen. Mulai dari pameran seni yang dihelat di platform media sosial hingga konser musik yang digelar dalam semesta video game, kita menemukan banyak terobosan baru dalam mengalami karya seni. Kembali digelarnya Art Jakarta adalah sinyal penting bagi pemulihan ekosistem seni rupa di Indonesia yang selama ini bergulat dengan kesulitan era pandemi. Ini menunjukkan bahwa seni rupa memainkan peranan pelopor dalam upaya pemulihan nasional. Semoga pameran ini memantik kita semua untuk menggali inspirasi artistik bagi kehidupan yang lebih berkelanjutan,” ujar Direktur Jendral Kebudayaan Hilmar Farid saat meresmikan pembukaan Art Jakarta.

Ternyata pandemi tidak mematahkan semangat para pegiat seni. Harumnya semangat mereka sampai melahirkan banyaknya dukungan eksterkal. Salah satunya kolaborasi Art Jakarta dengan UOB Indonesia, sebuah institusi perbankan dan pendukung seni rupa yang giat dan memiliki komitmen panjang terhadap perkembangan seni rupa, khususnya di Indonesia hingga Asia Tenggara.

Art Jakarta akhir-akhir ini mengaku berupaya memberikan dukungan kepada kancah seni rupa terlepas berbagai tantangan pandemi. Bukti dukungannya bisa kita lihat dari portofolio Art Jakarta sebelumnya yang bernama Art Jakarta Virtual dan Art Jakarta Garden yang dilaksanakan pada bulan April 2022 di ruang terbuka Hutan Kota by Plataran, Jakarta. Keduanya mendapat sambutan hangat dari berbagai kalangan.

Enin Supriyanto, Direktur Artistik Art Jakarta menyampaikan, “Untuk Art Jakarta tahun ini, saya gembira dan optimistis acara ini terlaksana setelah dua kali tertunda akibat pandemi, juga karena rekanan kami, baik galeri, sejumlah badan usaha, maupun rekan-rekan seniman dan kolektor, semua bersemangat terlibat dan berperan serta. Ini membangkitkan semangat kita bersama. Terbukti bahwa ekosistem seni rupa kita punya daya tahan dan cepat bergiat kembali. Semoga semangat ini juga sampai kepada pengunjung umum, saat mereka menikmati dan mengapresiasi beragam karya seni rupa yang tampil di Art Jakarta kali ini.”