Berlangsung selama tiga hari, 17 hingga 19 November 2023, Art Jakarta resmi dibuka dengan penampilan dari TRUST Orchestra, kata sambutan dari Tom Tandio selaku Fair Director, juga Maulana Indraguna selaku CEO MRA Group. 

Di hari pertamanya, pameran seni rupa internasional yang berlangsung di JIExpo Kemayoran ini siap menghadirkan pameran yang lebih besar. Total ada 68 galeri ikut berpartisipasi, 40 galeri dari Indonesia dan 28 galeri dari luar negeri seperti Korea Selatan, Rusia, Jepang, Filipina, Vietnam, Singapura, Malaysia, Australia, dan Thailand. 

“Di venue baru, Art Jakarta tahun ini kembali mendapatkan kepercayaan penuh dari galeri maupun rekanan yang berperan serta. Semua optimistis. Kita semua berharap bahwa di JIEXPO Kemayoran, Art Jakarta sebagai pelantar/platform dan forum dapat berperan makin penting dalam menjaga dinamika perkembangan medan seni rupa di Indonesia, bahkan Asia,” ungkap Enin Supriyanto selaku Artistik Director. 

Selain bisa menyaksikan karya seniman yang dibawa galeri, Art Jakarta juga bekerjasama dengan Julius Baer, UOB Indonesia, dan Bibit. Julius Baer menampilkan karya-karya baru dari pemenang Julius Baer Next Generation Art Prize in Asia 2023 di Julius Baer VIP Lounge. Sedangkan UOB Indonesia mempersembahkan 25 karya terbaru dari pemenang UOB Painting of the Year dari Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, dan Vietnam di UOB Art Space. 

Tidak kalah menarik, Bibit yang baru mulai terlibat di industri seni rupa menjadi pendukung seniman yang gigih. Berlokasi di area cukup central, Bibit menyajikan Memory Mirror Palace karya Syagini Ratna Wulan. Seniman perempuan Indonesia ini mengembangkan karya sebelumnya yang berjudul Lost Verses. 

Art Jakarta juga terus didukung dari sisi pemerintahan, Ni Made Ayu Marthini sebagai Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengatakan, “Kemenparekraf berupaya mendorong geliat acara ekonomi kreatif yang memberikan nilai tambah pada devisa negara. Kami meyakini Art Jakarta memainkan peranan penting dalam memberikan kontribusi besar untuk perekonomian negara. Kami mengapresiasi keberlangsungan Art Jakarta sebagai pameran skala internasional di Indonesia yang perlu dipertahankan untuk memperkuat posisi Indonesia di ekosistem seni rupa dunia.”

Selain melihat, menikmati, dan membeli karya seni, Anda juga bisa hadir dan menambah pengetahuan tentang seni di program AJ Talk. Art Jakarta memberikan narasumber terpercaya sebagai pembicara, seperti para ahli, pengamat, seniman, kolektor, dan kurator dengan berbagai pengalaman dan pengetahuan. Berikut jadwal AJ Talk: