#CLARAPride: Wawancara Bersama Aqsa Aswar

Kesuksesan atlet muda cabang olahraga jetski, Aqsa Aswar dalam meraih kemenangan pada beragam kompetisi taraf internasional berhasil memberi rasa bangga kepada Indonesia. Mulai dari medali emas Asian Games hingga menduduki posisi juara pada Jet Ski World Cup, kian mempertebal nama Aqsa sebagai satu aset bangsa yang begitu berharga. Meski demikian, ambisi dan langkahnya tidak kemudian terhenti. Aqsa masih memiliki sederet mimpi besar  untuk ditaklukkan.

Aqsa Aswar in SEAN AND SHEILA & TANGAN

Apa yang menjadi motivasi Anda dalam memperjuangkan kemenangan dalam ajang Asian Games 2018 lalu, hingga akhirnya berhasil meraih medali emas untuk cabang olahraga Jetski?
Indonesia menjadi motivasi utama saya. Kami membawa nama Indonesia di taraf internasional, sehingga harus menang, apalagi Indonesia menjadi tuan rumah.

 

Disebut sebagai pahlawan pengharumkan nama bangsa, apakah hal tersebut dirasa menjadi beban?
Tidak juga, tetapi memang we have to live up to the name. Kita harus terus berjuang untuk menang ke depannya, try my best to be consistent, setidaknya masuk ke dalam jajaran top three.

 

Apa kesulitan terbesar untuk meraih kemenangan tersebut, dari persiapan hingga kompetisi?
Disiplin. Kita harus konsisten setiap hari melakukan kegiatan yang sama. Saya latihan setiap hari selama setahun. Tapi kalau dipikirkan bosannya, tidak akan maju.

 

Apa ajang selanjutnya yang hendak dituju setelah Asian Games?
Mudah-mudahan Olympics Games. Sayangnya, cabang olahraga jetski belum ada, tapi sedang diusahakan.

Aqsa Aswar in SEAN AND SHEILA & TANGAN

Siapa orang yang Anda rasa paling berjasa dalam karier dan kemenangan Anda?
Ayah saya. Dia yang mendukung saya dari awal hingga sekarang.

 

Jika dapat memutar waktu, apakah Anda tetap ingin menjadi atlet atau justru akan mengubah jalan hidup?
Sebenarnya saya tidak pernah memutuskan untuk menjadi atlet. Awalnya karena hobby. Ayah saya juga suka berbalap jetski di tingkat nasioal. Dia melihat saya ada bakat, akhirnya diajak.

 

Apa yang paling Anda banggakan dari diri Anda?
I can overcome down moments dan semangat kembali dengan cepat.

 

Makna ‘Pride bagi Anda?
You have to believe in yourself.

 

What is your proudest moment in life?
Sejauh ini berhasil meraih medali emas di Asian Games pada bulan Agustus dan juga meraih juara di Jet Ski World Cup pada bulan Desember. Keduanya diraih di tahun yang sama.