Bulan Kesebelas

Common Sense

Apa perasaan Anda ketika menyadari bahwa hari ini telah menuju ke penghujung bulan? Terlebih lagi bulan depan adalah bulan penutup dari tahun ini. Jujur saja saya sedikit cemas menyadari hal tersebut. Karena apa? Karena artinya tahun ini melesat begitu saja, tanpa ada rem-nya.

 

Entah dikarenakan tahun-tahun sebelumnya, kita masih dibelenggu dalam situasi pandemi. Maka rasanya tahun 2023 ini seperti ‘terkejut badan’ ketika mendadak sibuk tak karuan. Setelah tahun-tahun sebelumnya semua aktifitas dilaksanakan dirumah, dan seketika saat ini semua hal rasanya ingin dilakukan diluar rumah.

 

Mobilitas tinggi pun menyebabkan kota ini rasanya lebih padat dari sebelumnya. Kemacetan pun tak hanya di hari kerja saja, tetapi di hari libur pun lalu lintas masih tak bernafas. Sebenarnya apa yang dicari oleh masyarakat di kota ini, sehingga waktu 5 hari kerja masih tak cukup.

 

Jika dalam satu hari terasa 24 jam masih tak cukup, dan 7 hari dalam seminggu masih dikatakan kurang, maka bagaimana dengan 12 bulan dalam satu tahun apakah masih tidak puas juga untuk menyelesaikan agenda pekerjaan/pencapaian dalam hidup?

 

Ketika saya masih terikat dalam suatu perusahaan bulan kesebelas adalah alarm bagi saya untuk segera menuntaskan segala macam target. Karena di bulan Desember rasanya sudah sedikit hambar untuk melakukan sesuatu. Dapat dikatakan bulan Kesebelas ini adalah penentuan untuk me-review kembali apakah target yang diciptakan sudah berhasil diraih atau belum. Sembari memikirkan apakah program yang telah dibuat di tahun ini dapat diaplikasikan kembali untuk tahun depan, atau justru harus mendesain kembali program apa yang terbaik?

 

Nah jika Anda selama ini justru menganggap “twin digit” adalah symbol keberuntungan, maka rasanya tidak dengan angka sebelas yang menandai bulan November ini. Karena bulan kesebelas artinya alarm bagi hidup kita. Entah kita telah mendekati garis finish dengan hasil yang memuaskan atau justru alarm pengingat bahwa kita telah mendekati jurang atau tiang gantungan. Bagaimana dengan Anda di penghujung tahun ini? apakah sudah berhasil menutup manis lembar laporan untuk hasil performa akhir tahun?