Desainer Kim Seo Ryong Menggandeng Iwan Tirta untuk Koleksi Terbarunya

Beastie Vanity

Desainer  asal Korea Selatan bernama Kim Seo Ryong (KSR) dikenal akan rancangan luxury menswear miliknya. Lee Min Ho hingga BTS pernah ditangani dirinya. Kali ini, KSR memilih Iwan Tirta Private Collection (ITPC) dalam koleksi terbarunya, Resort Collection 2022/23. Kolaborasi ini baginya adalah sebuah perspektif redefinisi menswear modern melalui Batik.

“Dalam rangka menggalakkan diplomasi ekonomi kreatif subsektor Batik, KBRI Seoul bangga memfasilitasi label batik maestro Indonesia, Iwan Tirta Private Collection dengan Kim Seo Ryong. Kolaborasi ini mencerminkan bahwa Batik tidak hanya sebagai warisan budaya bangsa tetapi juga wearable arts dan produk kreatif menerima sambutan hangat oleh masyarakat Korea Selatan”, ucap Gandi Sulistiyanto, selaku Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Korea dalam peluncuran kolaborasi Kim Seo Ryong dengan Iwan Tirta Private Collection yang dilakukan secara daring pada Jumat, 12 Agustus 2022. 

Dengan latar belakang sebagai pelukis, Kim Seo Ryong menjadikan Batik sebagai bentuk apresiasi tertinggi,terutama batik tulis yang dikerjakan secara manual. Menurutnya, mengolah karya dari kain Batik merupakan sebuah tantangan karena terkadang ukuran kainnya terbatas serta memiliki motif yang juga sakral misalnya motif tersebut peletakannya harus sesuai dengan pakem dan tidak boleh ada yang terbalik atau salah penempatan.

Kolaborasi ini menghasilkan pakaian batik apik dalam bentuk bomber jacket, flare pants, jas hingga long coat. Dengan nuansa warna yang cerah seperti biru, merah, dan cream, Kim menghapkan kesan timeless dan sesuai untuk kalangan mapan di Korea Selatan. 

Koleksi Resort Collection 2022/23 dapat ditemukan secara eksklusif di butik Kim Seo Ryong mulai bulan Agustus 2022 di kawasan Gangnam, Korea Selatan, dan dapat dilihat di juga secara online di situs resmi www.kimseoryong.com dan akun Instagram @kimseoryong.

Selain Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Korea, CEO PT Iwan Tirta, Widiyana Sudirman juga hadir dalam peluncuran live streaming.

“Sebuah kehormatan bagi kami, ketika motif batik Iwan Tirta, diapresiasi begitu tinggi oleh Kim Seo Ryong, desainer bereputasi di Korea Selatan. Koleksi yang didesain oleh Kim Seo Ryong kali ini, menjadi sebuah pencapaian baru di mana batik dapat menarik perhatian kalangan bergengsi di pasar internasional. Tak lupa kami pun menghaturkan terima kasih kepada Duta Besar Gandi Sulistiyanto dan jajaran KBRI Seoul yang sedari awal mendukung diplomasi Batik melalui kolaborasi ini," ungkap Widiyana Sudirman, CEO PT Iwan Tirta, sekaligus pemilik label Iwan Tirta Private Collection.