Lukisan Karya Seni Memukau dari Disabilitas

Sekian lama sudah tidak berkunjung ke Ciputra Artpreneur, kali ini saya menemukan tujuan untuk mendatangi tempat tersebut kembali. Dalam rangka memperingati acara Outsider Artpreneur dengan tema Pasung Kapal Lepas, sebuah pameran karya seni yang diciptakan para penyandang disabilitas berkebutuhan khusus seperti mempunyai asperger syndrome, autisme, schizophrenia dan lainnya. Terus terang, saya berempati dan ikut membayangkan bagaimana hidup yang mereka jalani.

Komunitas Kapal Cinta (Foto: Dok. Outsider Artpreneur)

Pameran ini juga merupakan salah satu acara perayaan 5 tahun Ciputra Artpreneur yang berpatisipasi dalam Gallery Night Art Jakarta dan Charity Night. "Acara Outsider Artpreneur ini merupakan sebuah dedikasi khusus kepada seniman-seniman yang memiliki kebutuhan khusus". ujar Rina Ciputra, Presiden Direktur Ciputra Artpreneur. Tidak hanya mempublikasikan dan mendeklarasikan karya-karya, acara ini tentu juga diikuti oleh Komunitas Kapal Cinta, komunitas sekumpulan para penderita gangguan neurologis dan keterlambatan perkembangan dalam segi kejiwaan.

Komunitas Kapal Cinta (Foto: Dok. Outsider Artpreneur)

Walaupun tidak semua seniman mampu mengekspresikan pendapat melalui kata-kata dalam acara talkshow yang diadakan, saya tetap terkagum terhadap semangat hidup yang mereka miliki. Acara ini juga melibatkan kegiatan walking tour terhadap karya-karya yang dipamerkan. Karya-karya yang tertera di pameran mempunyai makna dan arti tersendiri, dari yang gambarnya masih bisa terbayang sampai benar-benar abstrak. Ketika melihat karya abstrak, imajinasi saya mulai bermain, seperti berkata "true art is the one that could peneterate my soul" 

Raynadi Halim. Keanekaberagaman (Foto: Dok. Nathanael Ricardo Diaz)

Dari acara tersebut, saya mempelajari bahwa setiap kekurangan seharusnya tidak menghalangi saya dan Anda untuk berkarya dan menginspirasi orang banyak. Karena saya yakin, jika saya berada di posisi mereka, tentu akan merasa tidak enak menjalani hidup dengan kondisi fisik ataupun emosi yang tidak wajar. Membutuhkan usaha lebih untuk menjalani hidup dengan kondisi seperti itu. Dengan adanya acara Outsider Artpreneur ini, saya yakin dapat menjadi wadah untuk para seniman yang memiliki kebutuhan khusus dan keahlian unik untuk dapat berekspresi sepenuhnya lewat karya seni. Dan, tentu, untuk Anda dapat lebih memaknai hidup yang dijalani.