Meilinda Sutanto Mengajak Healing dari Innerchild Trauma

Kata “healing” menjadi sebuah kata yang sekarang ini kerap digunakan anak muda dengan arti menikmati liburan dalam rangka melepas penat dan pergi dari hiruk-pikuk padatnya pekerjaan sehari-hari. Sedangkan secara harfiah dalam bahasa Indonesia, “healing” berarti penyembuhan. Apa yang disembuhkan?

Selain fisik, manusia juga perlu memperhatikan kesehatan mental dan pikiran. Bahkan, fisik yang sehat juga berasal dari pikiran yang sehat. Menginjak usia dewasa, semakin banyak hal yang harus dipikirkan. Mulai dari pendidikan tingkat tinggi, pekerjaan, hubungan keluarga, hubungan dengan pasangan, hingga hubungan dengan anak. 

Tapi sebenarnya, segala pemikiran dan sifat kita terbentuk mulai dari masa kecil. Hubungan dengan orang tua, bagaimana kita mendapat perlakuan dari keluarga besar, sikap guru terhadap kita, pergaulan dengan teman, itu semua akan membentuk memori indah atau buruk, pemikiran terhadap suatu hal, kebiasaan, hingga sikap. Tapi, jika kita mendapatkan perlakuan yang tidak baik, sikap dari orang sekitar kita bisa membekas luka batin yang mendalam, dan jika tidak disadari dan dicari akar permasalahannya dapat menjadi luka yang berujung trauma saat dewasa. 

Berangkat dari kesadaran akan hal itu, Meilinda Sutanto belajar mengenal Family Constellation pada tahun 2016. Setelah menguasai dan metode ini sangat membantu Meilinda dalam proses healing, di tahun 2020, Meilinda ingin membagikan ilmu yang selama ini dipegang teguh dan dijalani. Dan pada 15 Juni 2023, dengan bangga Meilinda bersama Gramedia dan Elexmedia mempersembahkan buku “Family Constellation.”

Buku perdana Meilinda ini diperuntukan bagi mereka yang ingin mencari akar solusi dari permasalahan atau konflik antar pasangan, orang tua dan anak, juga antar saudara. Misalnya kamu ingin pulih dari toxic relationship, atau kamu sebagai orang tua yang baru memiliki anak dan ingin menambah ilmu tentang parenting, orang tua yang ingin mengatasi anaknya yang tantrum, bahkan buku ini juga cocok dibaca untuk diri sendiri dalam mengatasi innerchild trauma yang belum terpulihkan. 

Berlokasi di Common Ground Menteng pada 14 Juli 2023, dalam acara peluncuran bukunya, Meilinda membahas sedikit tentang buku Family Constellation lalu dilanjutkan simulasi service workshop yang ditawarkan Meilinda. Selain itu, Meilinda menjelaskan bahwa dirinya membuka private consultation, baik secara online maupun offline

Bagi Anda yang ingin membeli buku “Family Constellation” karya Meilinda Sutanto, Anda bisa mendapatkannya di seluruh toko buku Gramedia.