Tempat Inspirasi Rumah Nyaman dan Indah

Haute Culture

Pandemi memang sedikit banyak merubah gaya hidup seseorang. Banyak hal yang selama ini dianggap penting, ternyata gak sepenting itu... Ada juga yang selama ini kurang diperhatikan, ternyata penting untuk dijaga. Kali ini saya akan bahas mengenai hal yang selama ini sebagian orang kurang anggap penting, tapi ternyata selama pandemi kita mulai 'otak-atik.'

Entah sudah berapa kali saya mengubah layout kamar saya yang hanya sepetak. Untungnya belum punya rumah sendiri, mungkin kalo bisa suka-suka cat dinding rumah sudah saya ganti dan pasangkan wallpaper, rombak tatanan ruang di rumah, menambah ruang kerja, dan mengganti kitchen set. Tapi sayang, itu hanya angan-angan. Saya mencari kenyamanan  yang pas dan juga bosan dengan posisi ranjang tidur yang selalu di situ. 

Ternyata gak hanya saya yang memikirkan tatanan rumah. Eko Priharseno, selaku anggota ID12 dan Kepala Bidang Kreatif The Colours Of Indonesia (TCOI) Chapter V, mengatakan "Ketika epidemi melanda, rumah tinggal meruokan satu-satunya tempat paling aman dan menjadi benteng pertahanan terakhir melawan pandemi. Tawaran terbaru kami pada residensial di pameran ini adalah memaksimalkan kenyamanan tinggal di sebuah hunian, misalnya sebuah ruangan di disain memiliki dua fungsi yang berbeda."

TCOI menjadi ruang pameran yang ditunggu karena dapat menjadi refrensi publik, serta acuan bahkan sumber inspirasi yang membentuk selera masyarakat dalam desain interior Indonesia. Personil ID12, yang terdiri dari desainer interior Tanah Air terkenal seperti; Agam Riadi, Anita Boentarman, Ary Juwono, Eko Priharseno, Joke Roos, Prasetio Budhi, Reza Wahyudi, Roland Adam, Sammy Hendramianto S., Shirley Gouw, Vivianne Faye, dan Yuni Jie, mendapat apresiasi tinggi di kalangan masyarakat kelas atas. 

Pameran TCOI yang berlangsung pada 19-30 September 2022 di Atrium Senayan City, Jakarta ini, terbagi dalam dua kelompok besar gaya Neo Classic dan Moden. Saat memasuki area pameran, Anda akan diantar ke setiap ruangan dengan mood yang berbeda-beda. Dari mulai warna dinding, material yang digunakan, jenis ruangan yang didesain, pemanfaatan teknologi di setiap ruangan, hingga ukuran ruangan. 

Tapi tenang saja, Anda tidak akan pusing dan kaget saat pindah ruang ke ruang karena alurnya yang menurut saya pas. Karya Vivianne Faye, Agam Riadi, Shierly Gouw, Roland Adam, Anita Boentarman, dan Sammy Hendraminato S. dibawakan dengan gaya Neo Classic. Sedangkan gaya Modern dibawakan Yuni Jie, Ary Juwono, Joke Roos, Prasetio Budhi, Reza Wahyudi, dan Eko Priharseno.

Dengan 'nafas' di setiap rancangannya, para desainer interior ID12 telah meraih citra solid sekaligus konsisten memberi kontribusi dan pelayanan kepada masyarakat dengan karya-karya mereka yang kolaboratif di pameran dua tahunan. Salah satu kolaborasi yang terjalin di tahun ini adalah desain kolaborasi antara Vivianne Faye dengan SANIHARTO. 

Memasuki ruangan Vivianne Faye yang dirancang serba putih, dengan lantai marbel bergaris hitam membuat gaya Neo Classic begitu terasa. Jejeran sofa berwarna abu-abu mengelilingi meja pendek berbentuk bundar, dengan satu sofa berwarna merah yang menjadi pusat perhatian. Ada juga Shelf berwarna putih yang cantik, dengan beberapa lubang dengan banyak bentuk untuk meletakan pajangan. Shelf begitu cantik dengan cahaya lembut dari lampu pada bagian belakang Shelf yang membuat pajangan Anda akan terpancar keindahannya.

Terinspirasi dari bentuk aliran sungai yang mengalir dari dataran tinggi ke laut, menciptakan alur-alur yang lembut dan elegant, koleksi ini diberi nama Fleuve yang berarti sungai. Beragam material digunakan untuk menciptakan aksen luxurious, glamour namun dengan tema natural. Tim dari SANIHARTO perlu beberapa kali percobaan dalam menggunakan kayu, metal, dan marmer yang menjadi material utama dalam menciptakan setiap benda di koleksi yang 'artsy' ini. 

"Mungkin ini selain collection yang art pieces, tapi juga functional. Karena saya memikirkan bagaimana satu rumah itu memiliki satu pieces yang collectible. Modelnya kalo diliat simple, elegant, tapi bener-bener seperti art pieces," jelas Vivianne Faye. 

Fleuve by VF X SANIHARTO hadir dengan beragam produk yang terdiri dari berbagai macam Console Table, Decorative Shelf, Minibar, Side Table, Dining Table, Credenza, Lounge Chair, Coffee Table, dan Dining Chair.